Seminar Nasional Pend Matematika HIMADIKMATIKA UNINUS

Selasa, 30 April 2013

Bandung, 21 Januari 2013.

Himadiktika UNINUS Bekerjasana dengan PMRI mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2013. TEMA: "PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER BANGSA"
Tujuan dari pelaksanaan seminar ini adalah sebagai berikut:
a. Menggali nilai � nilai luhur yang dapat disumbangkan oleh pembelajaran matematika realistik dalam rangka membangun karakter bangsa sekaligus merumuskan bentuk pendidikan nyata yang bisa mewujudkannya.
b. Menggali sebanyak mungkin kemampuan dan model pembelajaran yang berkaitan dengan matematika realistik yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata .
c. Menggunakan matematika realistik sebagai cara bernalar dalam kehidupan sehari- hari yang dapat dialihgunakan pada setiap keadaan seperti berpikir kritis, logis, sistematis, bersifat jujur dan disiplin dalam menyelesaikan suatu masalah.
Kegiatan dikemas dalam bentuk seminar sehari dengan melibatkan pemateri ahli di bidang filsafat pendidikan matematika, birokrasi pendidikan, dan para tenaga pendidik/dosen. Pembicara pada seminar ini terdiri dari: seorang pembicara (key note speaker), empat atau lima panelis yang membahas ketiga tujuan seminar, serta 10-15 pembicara pada diskusi paralel. Sementara itu para peserta seminar adalah para guru/dosen, dan mahasiswa serta umum yang diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan atau pertanyaan yang mengarah pada seluruh tujuan dari pelaksanaan seminar ini.
Pembicara Utama
1. Dr. RK Sembiring
(Ketua Pendidikan Matematika Realistik Indonesia)
2. Prof. Dr. Darhim, M.Si.
(Dosen jurusan Pendidikan Matematika UPI, Staf ahli Ditjen PMPTK Kemendiknas, konsultan bermutu kerjasama Bank dunia -Pemerintah Belanda_ kemendiknas, Tim Uji coba PMRI)
3. Dr. Ahmad Mudrikah Drs, MPd
(Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Uninus)
paralel: pendaftar (bebas/bersyarat)
Lingkup kajian:
a. Masalah-masalah kontekstual yang melandasi terwujudnya pendidikan matematika realistik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan menumbuhkan karakter Bangsa.
b. Menggali sebanyak mungkin model pembelajaran dan kontekstual problem yang berkaitan dengan pendidikan matematika realistik yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah dengan kehidupan nyata.
c. Instrumen pembelajaran pendidikan matematika realistik dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara bernalar yang dapat dialihgunakan pada setiap keadaan dalam menyelesaikan suatu masalah pada kehidupan nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dewan Mahasiswa Universitas Islam Nusantara © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions